Jumat, 03 Januari 2014

Kultwit Kei Savourie tentang Pola Relationship

A sama B putus cinta. A ngemis-ngemis balikan, tapi B gak mau. A terus berikan perhatian, tapi B malah mendorong A jauh. Situasi ini terjadi hingga 1-2 bulan. A tetap membanjiri B dengan perhatian dan memohon balikan, B tetap gak mau. Situasi berubah ketika A akhirnya capek dan memutuskan move-on. Stop semua perhatiannya pada B. Bikin B jadi kehilangan. Ketika A stop mengejar B, giliran B yang merasa kehilangan dan kangen. B berusaha mancing A lagi, kontek duluan dsb. Tapi kalo ditanya apakah B mau balikan sama A, jawabannya adalah NGGAK. Gak mau balikan, tapi juga gak mau kehilangan. Digantungin kayak jemuran. Ini kasus umum di fase post-relationship (putus cinta). Kamu pernah ngalamin? Jadi A atau B?
RUMUS: Pihak yang memutuskan ngerasa bersalah dan kasian, pihak yang diputusin gak rela dan pengen balikan. Tentu saja rumus itu generalisasi, bisa ada kasus yg berbeda. Tapi hampir semua kasus putus mengikuti rumus tsb. Nah yang jadi A biasanya adalah pihak yang diputusin, gak rela dan pengen balikan. Kesalahan yg cukup fatal. Padahal situasinya jelas: kalo pacar memutuskan hub, ya artinya dia udah gak mau. Kalo ud gak mau, ya jangan dipaksa. Nggak ada orang yang suka dipaksa. Apalagi dipaksa balikan pacaran sama orang yang dia udah ilfil dan males. Kalaupun mau balikan, pihak yang mutusin yang harus ngajak balikan! Penting untuk keseimbangan hub abis balikan nanti. Banyak orang menyalahartikan rasa gak rela, pengen balikan, kangen dsb adalah cinta. Padahal itu cuma reaksi normal.
Analogi: kamu kerja udah lama di sebuah perusahaan, udah males dan jenuh, tapi tiba-tiba kamu dipecat sm bossmu! Padahal kamu juga udah jenuh.. tapi karena gak rela dipecat, jadi pengen terus kerja di situ. Mempertahankan hak kamu! Diputusin sama kayak dipecat. Rasa gak rela karena dibuang gitu aja, bikin kamu ngotot pengen balikan.. bukan cinta. Nah itu tadi dari sisi si A, pihak yang diputusin dan pengen balikan. Gimana dengan si B, kenapa dia ngegantungin? B udah gak mau, tapi A terus berikan perhatian dan memohon.. alhasil, si B jadi belagu. Merasa A ada dalam kendalinya. Si B memiliki si A dalam genggamannya, tapi A tidak bisa memiliki si B dan berusaha menggapai. Hub yg timpang.  Meskipun udah gak ada ikatan, A terus bilang sayang dan kangen. Masih kasih jatah mantan, dan nurut kalo diatur si B.
Kalo pola hub itu terus berlangsung 2-3 bulan atau lebih, si B jadi berdelusi: si A cinta mati dan gak mungkin pergi! Ketika si A udah capek, ketemu gebetan baru, pengen move-on, dan stop semua perhatiannya ke si B, baru deh si B panik! Si B mulai melakukan berbagai cara untuk mengambil kembali apa yang dia pikir adalah haknya: diri dan perhatian si A. Si B marah dan melarang A deket sm orang lain, mulai kasih perhatian, kontek duluan, dsb. Keadaan mulai berbalik.  Si B udah berbulan-bulan diajak balikan gak pernah mau, eh pas si A deket sm org laen tiba-tiba si B jadi mau balikan! Kayak anak kecil yang gak rela bonekanya diambil orang, padahal dia juga udah gak pernah main sm boneka itu lagi. Begitu bonekanya mau diambil orang, tiba-tiba dia jadi pengen main sm bonekanya lagi. Gak rela. Pertahanin hak milik. Kontrol. Kendali. Merasa berkuasa. Itu yang buat B nyandu, sehingga dia gak rela lepasin A tapi balikan juga gak mau. Ketika si A nempel sama orang lain, si B kehilangan kendali dan panik! Mulai ngejer A lagi, sekarang tergantung si A.
Sekarang si A punya pilihan: balikan sama B atau lanjut sama C (gebetan baru). Ending ceritanya tergantung si A.  Kalo si A terbuai rayuan dan kena ilusi cinta, maka si A bakal balikan sama si B dan hub mereka gak bakal tahan lama. Karena inget: si B ngajak balikan BUKAN KARENA cinta! Tapi karena ingin mengambil kembali kendalinya atas si A. Jadi kalo A balikan sama B, tinggal tunggu waktu B bakal jadi belagu lagi dan menyia-nyiakan si A. Sudah jadi pola. Kalo si A milih C (gebetan baru), memang ke depannya belum pasti tapi paling nggak 50:50 bakal jadi hub yg bahagia. 50% peluang untuk hub baru yg bahagia jelas jauh lebih baik, daripada hub lama yang sudah rusak dan hancur 100%. "Si B jahat banget! Egois!" | Nggak, si B gak jahat. Si B bisa jadi begitu ya gara-gara si A juga. Coba deh pikirin. Karena si A yang terus memberikan perhatian, ngemis balikan, dan mengijinkan si B punya kendali penuh atas dirinya!PRINSIP: Dalam cinta tidak ada salah-benar, yang ada hanya konsekuensi dan hub sebab-akibat.
Oh iya, ada lagi. Buat kamu yg jadi si A dan harus memilih antara balikan sama B atau lanjut sama C, ada tips nih. Ketika harus memilih dan membandingkan, penting buat kamu untuk bersikap obyektif dan fair. Perasaan kamu biasanya lebih berat ke mantan, apalagi kalo selama ini kamu ngarep balikan. Ini gak fair. Karena mantan sudah start duluan! Sudah menang waktu dan investasi emosi, ada ikatan meski hanya tinggal sisa-sisa. Sedangkan gebetan baru menang di excitement. Sesuatu yang baru terasa lebih menyenangkan dibanding yg lama. Jadi pola pikir yg harus kamu miliki: andaikan kamu baru kenal kedua orang tsb, siapa yg akan kamu pilih?
Ada satu analogi lagi untuk menjelaskan kenapa ngebet pengen balikan abis putus, sambil nunggu pesawat saya share deh.  Analogi: kamu pake BB udah hampir 2 tahun, udah sering ngehang dan lecet sana-sini. Kamu pengen ganti smartphone lain.  Kamu pengen beli GNote2, udah Googling, udah kumpulin duit, udah nanya sana-sini, dan nyobain barangnya di toko. Kamu udah NIAT pengen ganti BB kamu. Udah jenuh dan males. Eh, tapi tiba-tiba BB kamu hilang gak tau ke mana!  Mungkin dicolong orang pas kamu naik bus, atau jatuh pas kamu naek motor, atau ketinggalan di cafe pas kamu nongkrong. BB kamu hilang! Kamu kelabakan nyari, tiba-tiba BB kamu jadi terasa berharga lagi. Kamu nyesel gak jaga dengan baik. Meskipun kamu udah niat pengen beli smartphone baru dan ganti BB butut kamu itu, tapi kamu tetep gak rela KEHILANGAN. Kamu gak suka kehilangan kendali. Meskipun BB kamu emang mau dibuang, tapi tetap harus dengan SEIJIN dan KEMAUAN kamu!
Reaksi yg sama terjadi ketika putus cinta, atau ketika mantan kamu yg tadinya ngemis minta balikan tiba-tiba move on. Rasa kehilangan, ingin mendapatkan mantan kembali, kangen, dsb, itu BUKAN cinta. Tapi kepanikan karena hilang kendali. Hilang kendali atas apa yang kamu pikir adalah HAK MILIK kamu. Gak rela dia pergi, meskipun kamu juga udah gak butuh. Solusinya gimana? Simple. Sadari bahwa KAMU TIDAK BISA MEMILIKI SIAPAPUN. Manusia bukan barang, tapi entitas bebas. Pacar kamu BUKAN milikmu. Mantanmu BUKAN milikmu. Dia berhak pergi kapanpun dia mau dan kamu tidak bisa melarangnya. 
Karena itu HARGAI dan SAYANGI apa yang kamu miliki, supaya jangan sampai kamu merasakan pahitnya kehilangan. Sebaliknya, kalo dia sudah hilang, RELAKAN dan IKHLASKAN. Ingat, dia bukan barang yang bisa dijadikan hak milik! Manusia dewasa mengerti bahwa dia hanya bisa MERASA memiliki orang lain, KALAU orang tsb mengijinkan dirinya dimiliki. Kamu gak pernah benar-benar memiliki pasanganmu, dia hanya mengijinkanmu untuk merasakan rasanya memiliki dirinya. Bila dia sudah tidak berkenan, dia bisa dan berhak untuk menarik kembali ijin tsb dan meninggalkanmu KAPAN SAJA. Makanya hanya hub anak SMP yang pake cemburu, posesif, melarang, dan mengatur, seolah pasangannya itu boneka miliknya. Pasangan yg dewasa mengerti bahwa mereka adalah individu yg bebas tapi SALING MENGIJINKAN untuk memiliki satu sm lain.

Sumber : @KeiSavourie | Twitter

Tidak ada komentar:

Posting Komentar